Minggu, 10 Oktober 2010

Tyrannosaurus


Tyrannosaurus rex adalah salah satu dinosaurus pemakan daging terbesar yang pernah hidup. Segala sesuatu tentang predator ganas ini, dari tebal tengkorak, berat untuk 4-kaki-panjang rahang (1.2-meter-panjang), dirancang untuk maksimum menghancurkan tulang.

Bukti fosil menunjukkan bahwa Tyrannosaurus sekitar 40 kaki (12 meter) dan panjang sekitar 15 sampai 20 kaki (4,6 sampai 6 meter) tinggi.Paha yang kuat dan panjang, ekor yang kuat membantu untuk bergerak cepat, dan yang sangat besar 5-kaki-panjang (1,5 meter-panjang) tengkorak yang bisa dikenakan menjadi mangsa.

Tyrannosaurus bergerigi, gigi berbentuk kerucut yang paling mungkin digunakan untuk menusuk daging dan pegangan, yang kemudian direnggut dengan leher berotot otot. Dua-lengan jari mungkin dapat merebut mangsa, tapi mereka terlalu pendek untuk mencapai mulutnya.

Para ilmuwan percaya ini predator yang kuat bisa makan hingga 500 pound (230 kilogram) daging dalam satu gigitan. Fosil mangsa T-rex, termasuk Triceratops dan Edmontosaurus,Tyrannosaurus menghancurkan dan mematahkan tulang saat makan, dan tulang yang patah telah ditemukan di kotoran tersebut.

Tyrannosaurus rex tinggal di lembah-lembah sungai hutan di Amerika Utara selama periode Cretaceous akhir.Tyrannosaurus rex punah sekitar 65 juta tahun lalu di kepunahan massal Kapur-Tersier.

Fakta-fakta tentang Tyrannosaurus rex :

1. T. Rex bukan hanya tyrannosaur.

Tyrannosaurus Rex mendapat semua pers, tetapi kenyataannya adalah bahwa genera lain dari tyrannosaur berkeliaran di jaman Kapur, mulai dari yang kecil, berbulu Dilong ke yang lebih besar-dari-T. Rex Albertosaurus . Tyrannosaurus-tyrannosaurus ini memiliki kesamaan yaitu pola tubuh yang sama dasar: postur bipedal, lengan kecil, dan kepala besar dengan gigi tajam.

2. Tyrannosaurus Sue adalah paling lengkap di dunia T. Rex kerangka.

Pada tahun 1990, fosil pemburu Sue Hendrickson menemukan sebuah fosil 85-persen lengkap, kerangka T. Rex dewasa selama ekspedisi di South Dakota. Masalah hukum terjadi, akibat Tyrannosaurus Sue dilelang ke Field Museum of Natural History di Chicago untuk 8$ juta per catatan fosil dinosaurus.

3. T. Rex tukik mungkin telah tertutup bulu.

Kita semua tahu bahwa dinosaurus berevolusi menjadi burung , dan bahwa beberapa dinosaurus karnivora (terutama raptor ) masih tertutup oleh bulu. Beberapa ahli paleontologi percaya bahwa semua tyrannosaurus, termasuk T. Rex, pasti sudah tertutup bulu di beberapa titik selama siklus hidup mereka, kemungkinan besar ketika mereka pertama kali menetas keluar dari telur mereka.

4. Tyrannosaurus Rex memiliki gigitan yang sangat kuat.

Kembali pada tahun 1996, sebuah tim ilmuwan Universitas Stanford T. Rex ditentukan bahwa mengunyah pada mangsanya dari 1.500 menjadi 3.000 pon gaya, sebanding dengan buaya modern. (Untuk tujuan perbandingan, rata-rata manusia dewasa bisa menggigit dengan kekuatan sekitar 175 pon). Sebuah gigitan yang kuat mungkin telah mampu menembus suatu kulit ankylosaurus '!

5. T. Rex juga memiliki nafas yang sangat buruk ...

Memang, sebagian besar dinosaurus tidak sikat gigi mereka selama Era Mesozoikum, dan sangat sedikit dari mereka flossed. Beberapa ahli berpikir tentang pecahan bakteri busuk, daging yang dipenuhi bakteri bersarang di gigi banyak yang memberi T. Rex sebuah "gigitan septik," yang mungkin telah terinfeksi (dan akhirnya membunuh) mangsa terluka.

6. ... Indera pemcium yang baik.

Berdasarkan ukuran dan bentuk cuping pencium nya, T. Rex tampaknya memiliki hidung yang sangat sensitif, yang akan membantu untuk mengasah dalam hidup (atau, lebih mungkin, sudah mati dan membusuk) mangsa. Ini adalah alasan beberapa ahli berpikir T. Rex adalah oportunistik pemulung daripada predator aktif.

7. T. Rex betina lebih besar daripada laki-laki.

Kita belum tahu pasti, tapi ada alasan kuat untuk percaya (berdasarkan ukuran fosil yang ada dan bentuk pinggul mereka) yang betina T. Rex melebihi rekan pria mereka oleh beberapa ribu pon, suatu sifat yang dikenal sebagai seksual Dimorfisme . Mengapa? Salah satu alasan mungkin bahwa spesies betina harus mencengkeraman telur T. Rex berukuran besar.

8. Tyrannosaurus Rex mungkin memiliki metabolisme berdarah panas.

Beberapa ilmuwan percaya bahwa T. Rex (dan dinosaurus predator lainnya) tidak bisa mempertahankan gaya hidup aktif dengan metabolisme berdarah dingin. Bukti untuk "endothermy," sebagai metabolisme berdarah hangat disebut, adalah tipis, tetapi akan membantu semen hubungan evolusi antara dinosaurus kuno dan burung modern.

9. Tidak ada yang tahu mengapa lengan T. Rex 'begitu pendek.

Apakah Tyrannosaurus Rex menggunakan senjata yang terhambat untuk mendorong diri dari tanah setelah tidur nyenyak, atau untuk menggenggam berjuang mangsa dekat dengan dada? Atau apakah mungkin bahwa lengan ini pemangsa ini benar-benar berguna, dan akan menghilang seluruhnya (seperti yang terjadi dengan ular) setelah beberapa juta tahun lagi evolusi? Tidak ada yang tahu.

10. Tyrannosaurus Rex yang rata-rata hidup sekitar 30 tahun.

Sulit untuk menyimpulkan dinosaurus itu umur dari fosil yang tetap, namun berdasarkan analisis fosil yang ada, para ahli berspekulasi bahwa dewasa T. Rex mungkin telah tinggal selama 30 tahun - dan karena T. Rex di atas makanan rantai, kemungkinan besar ditebang oleh usia tua, penyakit, atau kelaparan.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

yo luweh to
wes punah wae kok

Posting Komentar

Komentar Sepuasmu !!!